November 24, 2022

HP Android Kamu Lemot, Ini Tips Membersihkan Memorinya

Persoalan keterbatasan memori internal pada ponsel menjadi keluhan tiap tiap pengguna. Ini bakal menjadi masalah dikala kita hendak meningkatkan aplikasi, foto, video, dan file lainnya. Serta memperlambat kinerja ponsel.

Beberapa orang menyiasati perihal ini bersama dengan menempatkan memori tambahan dalam bentuk MicroSD. Sedangkan beberapa orang lainnya menghapus file atau aplikasi yang tidak penting satu persatu.

Namun tahukah kalian bahwa untuk membersihkan baik memori atau MicroSD agar ponsel Android tidak lambat ada beberapa langkah lain, di antaranya: aplikasilengkap

1. Pakai Cloud
Memanfaatkan penyimpanan Cloud seperti Dropbox, Google Drive, Megaupload, dan lainnya menjadi solusi yang pas dikala memori ponsel kita udah dalam kapasitas penuh.

Kita mampu menyimpan file-file dalam bentuk apa pun agar dikala kita memerlukan file tersebut, mampu kita download lagi ke dalam ponsel. Contohnya pemakaian Google Photos dalam menyimpan foto.

Untuk mampu mengakifkan, membuka aplikasi Google Photos dan membuka Pengaturan> Cadangkan & sinkronkan, lalu nyalakan.

Setelah mencadangkan foto gunakan Foto Google, pengguna juga mampu pergi ke Pengaturan> Kosongkan penyimpanan perangkat, dan Google Photo bakal menghapus seluruh foto dan video yang udah dicadangkan.

Baca:Google Hapus Ratusan Aplikasi, Mengandung Iklan & Mengganggu

2. Bersihkan Cache
Bagi yang belum tahu, cache merupakan sebuah file yang dibuat untuk menyimpan information pas dalam smartphone kamu. Fungsi utama cache pada dasarnya adalah untuk bantu mempercepat loading pada sebuah halaman web atau performa transfer information pada suatu aplikasi, seperti dilansir dari Opera.

Namun, cache bakal konsisten menumpuk seiring bersama dengan jumlah aplikasi yang kamu miliki. Maka dari itu kapasitas memori pada aplikasi juga bakal makin tinggi sebab information cache yang turut tersimpan.

Untuk menghapus information yang di-cache dari satu aplikasi, membuka Pengaturan> Aplikasi> Manajer Aplikasi dan ketuk aplikasi yang dambakan dihapus. Pada aplikasi, ketuk menu Aplikasi, ketuk Penyimpanan, lalu ketuk Hapus Chace untuk menghapus cache aplikasi.

3. Hapus File Unduhan
Setiap ponsel Android punya folder unduhan yaitu tempat seluruh yang diunduh, seperti foto, video, dokumen, hingga file lainnya disimpan. Terkadang beberapa besar file di folder unduhan bukan file yang secara spesifik dambakan dilihat dan membawa dampak memori menjadi penuh secara tidak sadar.

Banyaknya unduhan yang tidak dibutuhkan menjadi keliru satu faktor ruang penyimpanan menjadi penuh. Sehingga, hapus file unggahan adalah langkah untuk melewatkan ruang penyimpanan.

Cara menghapus file unggahan adalah bersama dengan terhubung folde unggahan yang disebut My File di ruang aplikasi anda. Setelah itu, ketuk dan tahan untuk menentukan lalu ketuk ikon sampah. Setelah itu pillih ketuk tombol hapus atau singkirkan.

Persoalan keterbatasan memori internal pada ponsel menjadi keluhan tiap tiap pengguna. Ini bakal menjadi masalah dikala kita hendak meningkatkan aplikasi, foto, video, dan file lainnya. Serta memperlambat kinerja ponsel.

Beberapa orang menyiasati perihal ini bersama dengan menempatkan memori tambahan dalam bentuk MicroSD. Sedangkan beberapa orang lainnya menghapus file atau aplikasi yang tidak penting satu persatu.

Namun tahukah kalian bahwa untuk membersihkan baik memori atau MicroSD agar ponsel Android tidak lambat ada beberapa langkah lain, di antaranya

4. Pindahkan Aplikasi ke MicroSD
Beberapa ponsel Android terlalu mungkin kita untuk mengimbuhkan kartu microSD untuk penyimpanan ekstra. Dengan MicroSD juga meningkatkan kapasitas memori untuk menyimpan information menjadi lebih besar.

Selain itu, sejumlah aplikasi di Android mampu menopang perubahan penyimpanan dari memori internal ke MicroSD. Ini menjadi perihal yang kudu dimanfaatkan agar memori internal tidak penuh

Untuk melaksanakan itu, membuka Pengaturan dan membuka Aplikasi> Manajer aplikasi dan ketuk aplikasi yang dambakan pindahkan. Jika aplikasi mampu dipindahkan, bakal keluar tombol bertuliskan Pindahkan ke kartu SD, lalu ketuk tombol berikut untuk memindahkan aplikasi ke kartu microSD, sepeti dilansir dari Fonepaw.

5. Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan
Jika seluruh langkah di atas udah dilakukan dan ruang penyimpanan masih penuh maka langkah lain berkenan tidak berkenan kita kudu menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Untuk paham aplikasi mana yang paling banyak gunakan ruang, membuka Pengaturan dan pergi ke Penyimpanan> Aplikasi. Pada anggota itu bakal keluar daftar aplikasi yang diurutkan berdasarkan ukuran. Aplikasi terbesar bakal berada di anggota atas daftar.

Untuk menghapus aplikasi yang tidak digunakan, ketuk aplikasi dan lalu ketuk ikon ‘i’ di sebelah nama aplikasi. Ketuk uninstall untuk menyingkirkan aplikasi.

Namun, beberapa aplikasi bawaan (bloatware) susah dihilangkan bersama dengan langkah biasa. Pilihan untuk menghapus aplikasi tidak bakal ada dari fitur Setting atau Pengaturan.

Untuk menyingkirkan bloatware ini, pengguna kudu melaksanakan root ponsel Android. Lalu, menentukan Setting>Aplikasi>pilih aplikasi yang bakal dihapus>Hapus (Uninstall).

6. Factory Reset
Ini merupakan langkah terakhir atau langkah untuk kalian mengosongkan memori internal bersama dengan praktis. Dengan mengembalikan ke dalam pengaturan awal pabrik, seluruh aplikasi atau file bakal terhapus dan cuma bakal ada beberapa aplikasi bawaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *