August 17, 2022

Oftalmoskopi adalah tes atau pemeriksaan mata yang memungkinkan dokter atau profesional medis untuk melihat bagian dalam mata, yang disebut fundus dan struktur lain menggunakan alat yang dikenal sebagai oftalmoskop dan

sumber cahaya. Ini dilakukan sebagai bagian dari tes mata dan mungkin dilakukan sebagai bagian dari tes atau ujian fisik biasa. Fundus mata meliputi lapisan sel saraf yang disebut retina yang mendeteksi gambar yang dilihat oleh kesehatan retina mata selaput bening mata yang disebut kornea. Fundus mata juga termasuk saraf optik dan pembuluh darah.

Ada dua jenis oftalmoskopi.

Oftalmoskopi langsung: Oftalmoskop langsung mencakup senter kecil dengan banyak lensa yang dapat memperbesar hingga lima belas kali.

Oftalmoskopi tidak langsung: Dokter mata atau profesional medis Anda memakai lampu yang dipasang di ikat kepala dan menggunakan lensa genggam kecil. Oftalmoskopi tidak langsung menawarkan pandangan yang lebih luas dan jelas dari bagian dalam mata pasien dan memungkinkan pandangan fundus yang lebih baik dan jelas meskipun lensa tertutup oleh katarak.

Mengapa Ini Dilakukan?

Oftalmoskopi dilakukan untuk mendeteksi penyakit dan masalah mata seperti masalah retina. Ini membantu klinik mata bekasi mendiagnosis penyakit dan kondisi lain yang merusak mata. Hal ini dilakukan untuk mengevaluasi gejala seperti sakit kepala. Hal ini juga dilakukan untuk mendeteksi masalah lain seperti tumor otak dan cedera kepala.

Cara Mempersiapkan

Tidak ada persiapan khusus atau khusus yang diperlukan sebelum menjalani pemeriksaan mata. Dokter mata atau dokter mata Anda mungkin menggunakan obat tetes mata untuk melebarkan pupil mata Anda, yang membuatnya lebih mudah dan lebih jelas untuk melihat bagian belakang mata. Tetes mata akan memakan waktu sekitar lima belas hingga dua puluh menit untuk memperbesar pupil mata sepenuhnya. Dokter mungkin juga menggunakan obat tetes mata untuk mematikan permukaan mata.

Leave a Reply

Your email address will not be published.